Selasa, 05 April 2011

" Kenapa sastra Inggris ??? "




" kenapa sastra Inggris ?? " " kenapa belajar sastra Inggris ?? " " bagaimana prospek belajar sastra Inggris ?" 

banyak orang yang masih meremehkan dan bertanya-tanya tentang apasih Sastra Inggris ?? apa aja yang dipelajari ?? bagaimana Prospeknya ?? . honestly , saya sendiri terkadang masih sering  bertanya-tanya sendiri . sometimes , cross in my mind " mau jadi apa ya entar ?? " .dan kadang sampai ada pikiran untuk pindah fakultas ( maunya sih teknik informatika kalau gag arsitek ) pertanyaan diatas sering didengar oleh anak sastra inggris . .Hayo NGAKU  . . .!!! . 

Di Sastra Inggris, yang dipelajari bukan hanya bahasa inggris.. iya sih itu dipelajarin tapi itu bukan prioritas yang kami pelajari di bidang ini.. Di Sastra Inggris UB ( universitas brawijaya ) pada saat semester 5 nanti akan dibagi menjadi 2 jurusan lagi yakni : Linguistik, Literature,  Berencana akan mengambil  .. . .  .. . ( belom nentuin -___- ) 
karena pengen muntah-muntah kalau dapet kuliah Linguistik dan ngantuk kalau dapet kuliah Literature hahha ^^’ 

Jadi di Sastra Inggris kita mempelajari budaya negara asing (America, Inggris, dsb) kemudian diajarin banyak hal mengenai politiknya, bisnis internasionalnya, dan hal-hal yang berbau internasional lah.. secara kita kan dipersiapkan untuk bisa menjadi orang Indonesia yang bisa menguasai kemampuan bahasa asing (minimal 2 bahasa lah.. saat ini saya sedang menekuni KOREA sebagai pilihan kedua saya ^^) lewat sini kita bisa berpeluang masuk ke DEPLU dan direkomendasikan menjadi DUBES (pokoknya kuasai bahasa yang negaranya kamu cintai dah!! Jadi kalau kamu dikirim kesana kamu bakal semangat!! Hohho..)

Kemudian kita juga mempelajari tentang kepenulisan.. untuk media, maupun untuk karya-karya sastra.. jadi dari sini kita berpeluang untuk bekerja di bidang media.. cetak maupun televisi, radio, dll.. banyak lho lulusan sastra yang kerja ke bidang ini.. beruntung lagi kalau bisa nembus media yang levelnya internasional atau asing macam bbc.. wuiih.. keren kan  .. . .... 

Itu saja??
Tentu tidak!! 
anda juga bisa menjadi dosen, itu wajar sekali.. di semua jurusan juga kita bisa menjadi dosen hohho.. dosen sastra inggris itu enak lho.. ketemu terus sama bule-bule ( native speaker ) hahha.. dan sering jalan-jalan huhhuw..
Anda pun bisa menjadi apapun di perusahaan yang membutuhkan kemampuan berbahasa asing.. kemudian anda bisa menjadi penerjemah.. ada yang pernah bilang.. kalau mentok-mentoknya kita nasibnya belum dapet2 kerjaan.. kata dosen nyambilah jadi pengajar bahasa inggris/asing lainnya di bimbel-bimbel atau ngelesin sendiri.. Banyak bimbel yang butuhin kadang dan ini bisa jadi pekerjaan sementara kalau belum juga dapet kerjaan yang cocok dan sreg..
Jadi kalian yang kadang meremehkan jurusan saya ini.. tolong jangan asal ngomong kalau belum tahu prospek kerja lulusan Sastra Inggris yang buanyakk.. (kata alumni-alumni.. Sastra Inggris itu enak bisa kerja dimana saja asal kita terampil dan kreatif), Sastra Inggris pun bisa jadi enterpreneur asal kita jeli melihat peluang yang ada.. bahkan kita punya kemampuan berbahasa yang mana itu digunakan untuk berkomunikasi dan menjembatani hubungan dengan internasional..
Whoaaa..

Ternyata panjang banget ya penjelasan saya mengenai Sastra Inggris.. semoga saja bisa menjadi manfaat bagi kalian yang lagi bingung mencari jurusan dan kalau Sastra Inggris sempat terngiang menjadi bidang yang ingin kalian ambil, saya sarankan janganlah ragu!! Anda tidak akan menyesal dan salah pilih karena jurusan ini menawarkan beragam mata kuliah dengan beragam pekerjaan yang bisa kalian dapatkan nanti.. bagi kalian yang merasa kemampuan bahasa Inggris kalian kurang bagus.. jangan takut!! Tidak semua teman saya mahir berbahasa Inggris lho.. dan kita disini semuanya belajar!! Kalau sudah bisa buat apa belajar?? So jangan takut dan jangan ragu.. dijamin lulus kuliah dari Sastra Inggris paling tidak anda sudah bisa PD berbahasa Inggris dengan lancar..
SO.. ANDA BERMINAT?? ^^’

6 komentar:

  1. Wah lumayan memberikan semangat buat ane sebagai mahasiswa Sastra Inggris Universitas Brawijaya nih gan hahaha :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga rencana mau kesana sekarang brarti udah lulus ya kak?

      Hapus
  2. numpang nanya. yang di pelajari di Sastra inggris itu apa aja? makasih. :)

    BalasHapus
  3. banyak. mulai dari puisi, novel inggris. writing, speaking, business English, Aussie and American studies, statistika, masih banyak lagi

    BalasHapus
  4. ada yang tw ngg kpan bangsa kita mulai menjadikan sastra inggris salah satu bidang studi di universitas?kenapa pada waktu itu diperlukan sehingga sampai sekarang msh ada?

    BalasHapus
  5. kak, saya kan dr jurusan IPA, kalau mau ambil Sastra Inggris gimana? Apa bisa? Mohon jwbnnya kak. Thx

    BalasHapus