Minggu, 12 Mei 2013

Animal Show : Love it or Hate it ?



Sirkus (circus), Dolphin show, Topeng Monyet (Monkey mask). Siapa yang tidak kenal dengan istilah tersebut. ya pertunjukan yang menampilkan atraksi dari kepintaran hewan-hewan ( gajah, kuda, singa, harimau, kucing, tikus, kecoa, cacing ) dan jenis-jenis lainnya. Hewan-hewan tersebut memang sengaja dilatih untuk melakukan atraksi-atraksi yang sangat menghibur. Melompat keudara, Berjalan dengan satu kaki, bahkan beberapa bisa melakukan hal-hal yang manusia lakukan setiap hari seperti menghitung, bersepeda, Tapi pernakah anda membayangkan bagaimana para trainer melatih mereka ? 


dolphin show 


pada hari sabtu 12/5/2013 kemarin saya berkesempatan berkunjung ke salah satu taman safari di Indonesia yaitu taman safari II di prigen, Jawa timur. di dalam tempat ini terdapat sebuah tempat exhibition hewan (kebetulan masih baru) yaitu Aquatic land 

Aquatic Land 

ditempat tersebut terdapat beberapa jenis hewan laut seperti Penguins, Anjing Laut, Singa laut. Tempat ini sangat nyaman dan bersih, begitu juga dengan design bangunan dan juga interior yang bagus dan rapi. kita melihat hewan-hewan dari bawah dari bangunan tersebut, seperti aquarium besar atau juga naik kebagian deck kapal untuk melihat hewan-hewan dari atas. dan disinilah saya melihat beberapa hewan sedang dilatih. mereka di latih untuk melakukan beberapa gerakan seperti melompat, berputar, naik kedaratan bahkan mencium. Penasaran? check the video below : 


for more video check the video below : 




Cukup menghibur melihat bagaimana hewan-hewan tersebut ketika sedang berlatih, tetapi disisi lain juga timbul rasa ibah terhadap mereka. Berada dikandang yang sempit, dipaksa untuk melakukan beberapa atraksi, dan juga habitat yang tidak asli. Berada disekeliling banyak manusia bisa membuat mereka terganggu atau takut. Tetapi untuk beberapa hewan yang lain berada ditempat tersebut juga merupakan sebuah keberuntungan karena beberapa hewan tersebut merepakan hewan yang terselamatkan dari para pemburu liar atau bahkan dari kerusakan lingkungan yang disebabkan oleh ulah manusia juga . ditempat ini juga mereka mendapat makanan secara teratur dan terjamin. dan juga mereka diawasi oleh keeper mereka yang siap menjaga kesehatan mereka. 

Ya mungkin untuk beberapa orang tetap tidak setuju dengan tindakan tersubut, dan juga untuk beberapa yang lain setuju dengan tindakan tersebut. What do you think guys ? 








Tidak ada komentar:

Posting Komentar